Media Berbagi

Amalan Jariyah! Sedekah Air Bantu 150 Santri

Rp 50.000

Donasi Terkumpul

195 hari

Sisa hari

Logo BMH

BMH

Penggalang Dana

Deskripsi

Pondok Pesantren Nurul Azhar didirikan pada tahun 2013, terletak di Desa Carang Rejo, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Desa Carangrejo berada dalam wilayah Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Dengan Jarak dari Ibu Kota Kecamatan 4 KM, sedangkan jarak dari ibu kota Kabupaten 20 KM. Dengan alamnya dataran tinggi, ketinggian dari permukaan laut 120 MDL. Kondisi Tanah berupa Tanah Kapur, Dan Kadar air kapur tinggi. Profesi warga sekitar Petani padi dan jagung.

Ponpes Nurul Azhar ini telah banyak memberikan kontribusi bagi pembangunan sumber daya manusia di bidang keagamaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan dengan tetap berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan as-Sunnah sebagai pijakan. Dan santri yang berasal dari keluarga prasejahtera tidak dipungut biaya sama sekali, hanya bayar iuaran seiklasnya saja.

Pondok Pesantren Nurul Azhar sekarang mempunyai 150 santri Putra Dan Putri Mulai tingkat MTs dan MA.

Kegiatan Pagi Hari santri Sekolah formal, kemudian Siang Madrasah Diniyah dan waktu malam dan subuh Tahfidz Al-Qur'an.

Kondisi Pesantren sangat sederhana Kami Memasak Sendiri dengan menggunakan kayu bakar, kondisi Air di pesantren sangat terbatas

seiring dengan perkembangan waktu & jumlah santri saat ini yang bermukim disini, maka kebutuhan akan infrastruktur seperti Mushaf Alquran, bangunan asrama santri yang tidak memadai lagi dengan jumlah santri yang berkembang pesat saat ini, serta air bersih menjadi sarana utama yang harus ditambahkan dan diperbaiki

“sekarang jumlah santri yang ada di Pondok Pesantren Nurul Azhar sekitar 150 orang santri” Kata Ust Mundzir salah satu pengajar pondok pesantren.

Mushaf quran yang ada di pesentren Kami jumlahnya sangat terbatas dan Santri harus mengaji dengan bergantian, begitu pula dengan bangunan asrama santri yang masih kurang bila dibandingkan dengan jumlah santri saat ini dan yang menjadi momok utama adalah masalah air bersih, selama ini Pesantren Nurul Azhar masih mengandalkan satu sumur yang sudah ada, buat semua kebutuhan air bersih untuk kegiatan para santrinya 

Debit air yang keluar dari sumur yang ada itu masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan 150 santri Nurul Azhar. Padahal selain untuk makan dan minum, air juga sangat dibutuhkan untuk berwudhu dan mensucikan dari najis dll, 

“Seringkali kehabisan air, kalau sudah gitu harus menunggu beberapa jam buat air sumur yang ada mengeluarkan sumber airnya lagi, parahnya kalau sudah musim kemarau datang, maka harus menunggu lebih lama lagi Pak” Kata salah santri santri disana pas Kami tanya.

Ini yang dikhawatirkan pihak Pesantren adalah menimbulkan kebiasaan buruk di Bidang Kesehatan para Santri, yakni jarang mandi. Permasalahan yang sering disepelekan ini bahkan bisa menyebabkan penyakit kulit yang tentunya menggangu aktifitas Santri.

Sungguh luar biasa perjuangan para santri disini untuk menuntut ilmu, tetap bersemangat walaupun kebutuhan infrastruktur pesantren belum memadai . Tidak ada terlihat sedih sedikitpun dari raut muka mereka. 

Maka dari itu sudah seharusnya kita turut membantu agar mereka mempunyai sumber air yang bagus melalui sumur bor yang layak dan memadai.

Sedekah air menjadi lebih utama karena air bermanfaat dalam kehidupan keagamaan maupun keduniaan. Untuk keperluan ibadah, air digunakan untuk mensucikan najis, berwudhu dan mandi. Dalam aktivitas dunia, air diperlukan untuk minum, memasak, mandi, mencuci dan sebagainya.

Dalam sebuah hadits dari Sa’ad bin ‘Ubadah radhiallahu’anhu, ia berkata: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibu saya telah meninggal. Bolehkah saya bersedekah atas nama beliau?”. Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam menjawab: “Boleh”. Sa’ad bertanya lagi: “Sedekah apa yang paling utama, wahai Rasulullah?”. Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam menjawab: “Sedekah berupa air” (HR. An Nasa’i no.3666, dihasankan Al Albani dalam Shahih An Nasa’i).

Dukungan kalian dapat disalurkan melalui:

  1. Klik "Donasi Sekarang"
  2. Masukkan nominal donasi
  3. Pilih metode pembayaran dan lakukan pembayaran
  4. Dapat laporan via email atau nomor telepon

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu

Kabar terbaru

Kabar Terbaru

Belum ada kabar terbaru di program ini

Donatur

HA
Hamba Allah

8 bulan yang lalu

Rp50.000

Fundraiser

Donatur

Ayo ikutan berkontribusi pada program ini dengan menjadi fundraiser