Media Berbagi

Darurat! 44 Dusun di Bondowoso Terancam Kekeringan

Rp 400.000

Donasi Terkumpul

170 hari

Sisa hari

Logo BMH

BMH

Penggalang Dana

Deskripsi

Krisis air bersih masih menghantui 44 dusun di 22 desa di Bondowoso Jawa Timur. Hal ini dapat terjadi akibat kondisi tanah yang tak dapat meresap air dengan baik, musim kemarau yang terjadi lebih lama dari musim penghujan, serta belum terbangunnya sistem air bersih seperti sumur bor.

Warga desa harus berjalan belasan kilometer demi mendapatkan air di sebuah kolam yang mendapatkan aliran air dari gunung kendeng, dan warga harus rela antri buat bergantian mengambilnya. masalahnya aliran air tersebut mengalami menyusutan debit airnya, makanya setiap KK dijatah 3 ember setiap harinya. Agar warga lainnya bisa kebagian air juga. Air tersebut hanya dipakai warga buat memasak dan minum saja. 

Desa Purnama adalah sebuah Desa di Kecamatan Tegal Ampel Kabupaten Bondowoso. Jarak dari Kota Bondowoso ke Desa Purnama 29,7 Km. Desa yang berada di daerah perbukitan dan pelosok. Yang mana ketika datang Musim kemarau di daerah kami, kami sangat membutuhkan air bersih.

Mayoritas warga desa Purnama adalah buruh tani dan tukang rawat hewan ternak. dengan keadaan itu menjadikan keadaan perekonomian dan pendidikan dalam kehidupan sehari-hari mengalami ketertinggalan. 

Kendala utama saat ini adalah pada kebutuhan air yg sangat dibutuhkan warga desa. Meskipun ada bantuan dari Pemerintah Daerah Bondowoso tapi pengirimannya tidak menentu, bisa seminggu 2 kali kiriman atau 1 kali kiriman bantuan mobil tangki air bersih.

Sewaktu-waktu dipagi hari kami antri untuk mendapatkan Air yang layak, yang mana kami menunggu kiriman dari pemerintah daerah yang hanya mengirimkan 1 mobil tangki air. Itupun Setiap orang hanya mendapatkan 3 ember air. Jarak ke lokasi bantuan air bersih dari Pemerintah Daerah ditempuh 2 Km.

Harapan kami ada orang dermawan yang membuat sumur bor didesa kami. Karena kami sangat butuh air bersih yang layak.

Sedekah air menjadi lebih utama karena air bermanfaat dalam kehidupan keagamaan maupun keduniaan. Untuk keperluan ibadah, air digunakan untuk mensucikan najis, berwudhu dan mandi. Dalam aktivitas dunia, air diperlukan untuk minum, memasak, mandi, mencuci dan sebagainya.

Dalam sebuah hadits dari Sa’ad bin ‘Ubadah radhiallahu’anhu, ia berkata: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibu saya telah meninggal. Bolehkah saya bersedekah atas nama beliau?”. Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam menjawab: “Boleh”. 

Sa’ad bertanya lagi: “Sedekah apa yang paling utama, wahai Rasulullah?”. Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam menjawab: “Sedekah berupa air” (HR. An Nasa’i no.3666, dihasankan Al Albani dalam Shahih An Nasa’i).

Dukungan kalian dapat disalurkan melalui:

1. Klik tombol "DONASI SEKARANG"

2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan

3. Pilih metode pembayaran

4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu

Kabar terbaru

Kabar Terbaru

Belum ada kabar terbaru di program ini

Donatur

HA
Hamba Allah

8 bulan yang lalu

Rp200.000
AN
Ani

8 bulan yang lalu

Rp200.000

Fundraiser

Donatur

Ayo ikutan berkontribusi pada program ini dengan menjadi fundraiser