Media Berbagi

Krisis Air! Perjuangan Demi Mendapat Seember Air

Rp 0

Donasi Terkumpul

195 hari

Sisa hari

Logo BMH

BMH

Penggalang Dana

Deskripsi

Meski kerap diguyur hujan deras, namun kenyataannya krisis air bersih masih menghantui beberapa wilayah di Indonesia. Di saat musim kemarau datang, mereka hanya bisa mengandalkan kolam penampungan air hujan atau air sumur dan sungai yang sudah menipis dan keruh.

2bdbdc9b-9394-4211-8e2e-9c045c521ee3.jpg03ef3517-9799-400a-a17f-a27b03a4e34b.jpg

Seperti yang terjadi di Desa Blumbang, Kec. Kedumpring, Lamongan. Desa yang mayoritas warganya bekerja sebagai buruh tani dan tukang kayu ini harus berjalan jauh demi seember air. Bahkan mereka harus rela beli air ketika air di kolam sudah kering.

Desa yang terletak di perbukitan ini memang dikenal sebagai desa yang sering mengalami kekeringan. Air hujan jadi satu-satunya sumber mata air yang bisa diandalkan untuk penuhi kebutuhan harian masyarakat.

9212563b-b10c-47c6-9fa6-84b8729d4f9e.jpg

Pondok Pesantren Al-Hidayah mungkin menjadi salah satu contoh nyata betapa air menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan namun begitu sulit mereka dapatkan.

Pesantren yang dibangun pada tahun 2011 ini menjadi rumah sekaligus satu-satunya tempat belajar bagi ratusan santri dhuafa. Lambat laun, semakin banyak santri yang mau belajar di sini, ponpes yang awalnya hanya tempat belajar ngaji berubah jadi tempat membangun masa depan anak-anak ini.

b540df9c-8120-4ff8-9a4b-f7fde820e8c7.jpg

Semakin banyak santri yang tinggal, semakin tinggi pula kebutuhan air mereka. Setiap hari para santri berbondong-bondong datang ke kolam penampungan air hujan dengan membawa ember dan jerigen.

Air yang mereka bisa gunakan untuk mandi hingga berwudhu sangat terbatas. Sampai akhirnya banyak santri yang terpaksa pulang pergi, tak bisa mondok karena air di ponpes sudah habis.

#OrangBaik, sedekah air menjadi sedekah utama karena air bermanfaat dalam kehidupan. Mulai dari keperluan ibadah, air digunakan untuk mensucikan najis, berwudhu dan mandi. Dalam kehidupan sehari-hari, tak ada orang yang bisa bertahan hidup tanpa air.

Untuk itu, yuk kita bersedekah air dan wujudkan sumur bor untuk warga Desa Blumbang melalui:

1. Klik tombol "DONASI SEKARANG"
2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
3. Pilih metode pembayaran
4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran


Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu

Kabar terbaru

Kabar Terbaru

Belum ada kabar terbaru di program ini

Donatur

Donatur

Jadilah donatur pertama di program ini

Fundraiser

Donatur

Ayo ikutan berkontribusi pada program ini dengan menjadi fundraiser