Media Berbagi

Masjid Pertama Dusun Watuagung Alami Kesulitan Air

Rp 0

Donasi Terkumpul

86 hari

Sisa hari

Deskripsi

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Wahai Sahabatku, siapa saja di antara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu dan membangun masjid, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat surga-Nya Allah Ta’ala,” (HR. Muslim).

Kampung Ngemplak Dusun Watuagung berada di daerah dataran tinggi pegunungan kapur, yang kondisi alamnya gersang dan terpelosok, untuk mencapai ke sana Kita harus melawati jalan tanah yang membelah lereng bukit. Kalau jarak dari kota Ponorogo sekitar 35 km atau sekitar 3 jam perjalanan.

Di Kampung Ngemplak dihuni sekitar 150 KK ini belum mempunyai Masjid atau Musholla sendiri, karena untuk membangun suatu Masjid hanya menjadi hayalan semata, karena kondisi ekonomi warga di Kampung Ngemplak bisa dibilang rendah, profesi warganya hanya sebagai petani singkong.

Jadi untuk sholat berjamaah dan sholat Jum’at warga hanya bisa menggelar tikar/terpal di tanah lapang, panas terik matahari yang menjadikan baju koko mereka basah oleh keringan. Belum lagi kalau musim hujan tiba, ditengah-tengah rokaat hujan datang, membasahi mereka yang ikut sholat berjamaah. 

Mushola terdekat ada di desa sebelah yang berjarak 7 km dari kampung Ngemplak.

Kekeringan panjang juga selalu menghampiri warga Kampung Ngemplak Dusun Watuagung dayakan Ponorogo, Pasokan air hanya ada saat musim hujan, sedang musim kemarau terjadi lebih panjang setiap tahunnya.

Akibatnya, banyak sekali warga yang harus berjalan berkilo-kilo meter jauhnya untuk mengambil air di sumber mata air (Embong) yang jaraknya 2 km, itupun airnya agak keruh, demi mencukupi kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci, berwudhu dan lain sebagainya. 

Jika sumber mata air itu kering, warga turun ke sungai mbecici yg jaraknya kurang lebih 5 km dari pemukiman.

Setiap 3 bulan sekali terkadang dikirimkan air bersih satu tangki dari BPBD dan itu bertahan hanya 2 harian

Harapan dari warga kampung ngemplak yaitu sangat mengingin memiliki sumur bor agar kebutuhan sehari-hari bisa terpenuhi serta ingin adanya Masjid karena selama ini sholatnya di lapangan.

Kabar terbaru

Kabar Terbaru

Belum ada kabar terbaru di program ini

Donatur

Donatur

Jadilah donatur pertama di program ini

Fundraiser

Donatur

Ayo ikutan berkontribusi pada program ini dengan menjadi fundraiser