Media Berbagi

Santri Ponpes Ini Harus Bertahan Tanpa Air Bersih!

Rp 0

Donasi Terkumpul

195 hari

Sisa hari

Logo BMH

BMH

Penggalang Dana

Deskripsi

Perjuangan demi mendapat air tidak hanya semudah membuka keran. Bagi sebagian kalangan, mereka harus berjalan kaki hingga belasan kilometer demi mencari seember air yang ternyata tak layak konsumsi.

af145b7c-ebb6-4d4e-8f9a-73364437445d.jpg7bc1fac2-fb74-4e62-a21c-2f8840ec2d3c.jpg

Seperti di Desa Pesantren Raudlatut Thullab yang terletak di Kab. Sampang, Madura. Warga dan santri selama ini mengalami kekurangan air bersih. Mereka harus bergantung pada sungai kecil yang airnya coklat, bahkan mengering ketika musim kemarau.

Air sungai itulah yang setiap hari dipakai oleh warga dan para santri untuk mencuci, mandi, memasak, hingga berwudhu.

0f0528b5-5502-4830-98cc-eed1754e64f9.jpg

“Kalau air di sungai sudah benar-benar habis, kami terpaksa ambil air di mata air yang lokasinya di ujung desa. Jaraknya belasan kilometer. Para santri biasanya jalan kaki ramai-ramai bawa ember kosong ke sana,” cerita salah satu pengajar ponpes.

Kelangkaan air bukan jadi satu-satunya masalah yang harus mereka hadapi. Selama ini para pengurus pesantren juga sangat mengkhawatirkan kondisi kesehatan para santri. Tak sedikit santri yang akhirnya mengalami gatal-gatal hingga terkena kutu air karena air dari sungai ini.

af5dde48-9e8a-418b-85a8-02b9cf1175b1.jpg

Meski demikian, semangat dan keseriusan belajar para santri mengalahkan semua hambatan yang ada. Mereka percaya di balik kesusahan yang mereka rasakan sekarang akan menjadi cerita indah di masa depan.

Yang kini bisa mereka lakukan hanyalah berdoa. Agar suatu saat nanti pesantren mereka punya sumur bor sendiri, di mana air bersih akan terus mengalir. Dengan demikian para santri bisa hidup lebih sehat tanpa lagi khawatir akan kekeringan dan sakit akibat air yang mereka gunakan.

Untuk itu, yuk kita wujudkan doa adik-adik santri ini dan bersedekah air. Insya Allah dari tiap tetes air yang mereka gunakan akan bernilai kebaikan untuk kita yang akan mengalir tanpa putus. Caranya: 

1. Klik tombol "DONASI SEKARANG"

2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan

3. Pilih metode pembayaran

4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu

Kabar terbaru

Kabar Terbaru

Belum ada kabar terbaru di program ini

Donatur

Donatur

Jadilah donatur pertama di program ini

Fundraiser

Donatur

Ayo ikutan berkontribusi pada program ini dengan menjadi fundraiser