Media Berbagi

Sedekah Air Bersih Dusun Pandean Bojonegoro

Rp 250.000

Donasi Terkumpul

86 hari

Sisa hari

Deskripsi

Pondok pesantren Roudlotul Anwar berdiri pada tahun 2006 di dusun pandean desa sidomukti yang didirikan oleh Kyai Asnawi. Di mulai dari tahun 1982 Kyai Asnawi memulai mengajarkan ilmu agama di mushola. Melihat semanggat para santri dalam menimba ilmu Kyai Asnawi mendirikan bangunan pondok pesantren yang berukuran kecil sumbangan dari masyarakat sekitar.

Hari demi hari banyak santri mulai berdatangan untuk menimba ilmu ke pondok pesantren beliau, tidak hanya dari dusun pandean saja tetapi dari dusun sekitar banyak yang menimba ilmu di pondok pesantren beliau.

Dengan makin banyaknya santri yang mondok di sini, maka kendala air menjadi kendala utama di pondok Roudlatul Anwar

 

Tiap pagi sebelum kegiatan, para santri menyiapkan peralatan untuk mengisi bak penampungan air bersih dari sumber air yang berada di pertengahan ladang yang letaknya sekitar 800 meter, agak jauh dari Pondok Pesantren Roudlotul Anwar.

Oleh warga sumber air satu-satunya ini dipasangi pompa engkel, agar lebih mudah mengambilnya, “tapi yaa gitu, sekali pompa berat sekali Pak, air keluar sedikit” keluh salah satu santri 

Kebetulan jadwal pengambil air bersih di sumur air untuk pesantren di pagi hari dan lanjut oleh warga.

Ketersediaan sumber air menjadi kendala bagi para santri dan warga sekitar, apalagi saat musim kemarau, debit air semakin menipis sehingga hanya mengisi bak penampungan hanya terisi separo aja, jadi hanya untuk kebutuhan wudhu saja para santri saja.

Sementara untuk aktivitas mandi dan lainnya sudah tidak ada air, jadi harus berfikir bagaimana bisa mendapatkan air bersih.

Tanpa berfikir lama, para santri bergantian membawa ember, mengambil air bersih dari sumur tua itu, perlahan tapi pasti usaha menarik dan mengulurkan ember ke dalam sumur tua itu tidak sia-sia.

Terik matahari bukan menjadi penghalang bagi mereka, yang penting bagaimana mereka bisa mendapatkan air bersih sehingga bisa wudhu dan Kembali menghafal al-Qur’an. Belum lagi saat perut kosong menahan lapar dan haus karena sedang menunaikan puasa sunnah senin-kamis.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Pondok Pesantren Roudlotul Anwar, para pengurus pesantren membeli air tangki dari kota Bojonegoro yang harganya lumayan mahal.

Karena air di sumber air ini diambil juga oleh warga, ketersediaan air menjadi terbatas dan menipis sehingga harus bergantian.

“Para santri hanya punya impian, agar memiliki sumur bor sendiri sehingga mudah dalam belajar”

Inilah gambaran yang dialami oleh puluhan santri di Pesantren Roudlotul Anwar

dusun Pandean bojonegoro. Perjuangan mereka menuntut ilmu di Pesantren tidak hanya karena lelahnya belajar dan menghafal al-Qur’an, namun karena lelahnya perjuangan mendapatkan air bersih.

Sahabat, Ketika kita bersedekah air untuk saudara-saudara kita yang kesulitan mendapatkan air, insyaAllah pahala akan terus mengalir bahkan setelah kita wafat kelak.

Mari ambil kesempatan baik ini dengan membangun sumur bor untuk santri di Pondok Pesantren Roudlotul Anwar Dusun Pandean Kec Bojonegoro.

Sahabat, maukah amil peluang amal jariyah ini ?

Kabar terbaru

Kabar Terbaru

Belum ada kabar terbaru di program ini

Donatur

HA
Hamba Allah

3 hari yang lalu

Rp250.000

Fundraiser

Donatur

Ayo ikutan berkontribusi pada program ini dengan menjadi fundraiser