Media Berbagi

Sedekah Bangun Ponpes Di Area Terluar Indonesia

Rp 0

Donasi Terkumpul

27 hari

Sisa hari

Deskripsi

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Halo #OrangBaik, mungkin tak banyak yang tahu kalau di Kepulauan Mentawai yang terkenal dengan ombak untuk berselancar, ternyata disana banyak santri dhuafa dan muallaf yang kini hidup dalam kondisi memprihatinkan.

Seolah berbanding terbalik dengan keindahan alamnya, santri-santri itu tinggal di sebuah asrama kayu yang sudah tak layak huni. 

716d1549-daed-4d1f-8f66-eac99fc512a3.jpg

bagaimana tidak, asrama kayu yang dibangun 26 tahun lalu itu kini sudah lapuk dan usang. Tiang penyangga juga sudah rapuh, atap sengnya sudah berkarat dan bocor dimana-mana, bahkan beberapa daun pintu dan jendela sudah copot.

Mereka adalah santri Pondok Pesantren Hidayatullah yang ada di Desa Sipora, Kab. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Kepulauan Mentawai sendiri termasuk dalam daerah Tertinggal, Terdalam, dan Terluar (3T). 

Untuk bisa mencapai ponpes ini harus menempuh perjalanan kapal ferry hingga 3 jam lamanya, dengan tarif yang cukup mahal bagi mereka yang dhuafa. 

44efd5c9-0088-4d4e-ae4e-926dd014b0cd.jpg

Di ponpes ini, banyak santri yang terlahir di keluarga yang tidak memeluk agama Islam, namun mereka masuk Islam dan akhirnya hidup seta dibina di ponpes ini. Mereka disini belajar dan hidup secara gratis, tak dikenakan biaya karena mayoritas wali santri adalah keluarga dhuafa. 

Bahkan banyak dari santri yang sangat jarang dibesuk oleh keluarga. Sehingga mereka merasa bahwa Ponpes Hidayatullah sudah menjadi rumah dan keluarga. 

Selain membutuhkan asrama, mereka juga membutuhkan gedung sekolah, karena selama ini hanya memanfaatkan gazebo untuk proses belajar mengajar. 

fe5aadf7-9bf8-4f88-b3e7-a47269337f73.jpg

Tentu kondisi ini tak layak untuk hidup dan belajar, ditambah lagi beberapa bulan kedepan Ponpes Hidayatullah juga akan menerima santri baru. Asrama yang sudah tak layak huni itu akan semakin sempit dan semakin cepat rusak bila diisi terlalu banyak santri, melebihi kapasitasnya. 

#OrangBaik, saat ini 100 santri dhuafa dan muallaf di Ponpes Hidayatullah sedang membutuhkan uluran tangan kita. Mari bersedekah untuk mencari Ridho Allah SWT serta menolong saudara kita yang membutuhkan dengan cara:

1. Klik tombol "DONASI SEKARANG";

2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan;

3. Pilih metode pembayaran melalui Dompet Kebaikan, GO-PAY, Bank Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI dan kartu kredit;

4. Dapat laporan via email.

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

Kabar terbaru

Kabar Terbaru

Belum ada kabar terbaru di program ini

Donatur

Donatur

Jadilah donatur pertama di program ini

Fundraiser

Donatur

Ayo ikutan berkontribusi pada program ini dengan menjadi fundraiser