Media Berbagi

Selamatkan 1 Masjid Terbengkalai di Pedalaman Halmahera

Rp 5.970.000

Donasi Terkumpul

170 hari

Sisa hari

Logo BMH

BMH

Penggalang Dana

Deskripsi

Memiliki masjid yang layak adalah impian bagi semua umat muslim. Namun faktanya tidak sedikit masjid-masjid yang kondisinya masih sangat memprihatinkan. khususnya masjid-masjid yang terletak di daerah-daerah pedalaman.


Masjid Ummu Kalsum yang terletak di Halmahera ini salah satunya, proses pembangunan yang belum rampung ini terbengkalai karena keterbatasan biaya, tidak sedikit dari bagian masjid ini sudah keropos dan lapuk, mulai dari atap, dindingnya hingga lantainya karena cukup lama kondisinya dibiarkan seperti ini, bahkan atapnya yang juga sering jatuh disaat penyanggah atap sudah banyak yang rusak dan mengakibatkan bocor pada atap masjid. maka tak sedikit masyarakat yang mau pergi ke masjid karena kondisi masjid seperti ini mereka khawatir tertiban reruntuhan bangunan masjid tersebut.



Keinginan masyarakat untuk merenovasi masjid Ummu Kalsum sangat tinggi, karena apabila masjid ini berdiri dan sudah layak untuk digunakan, masyarakat tidak harus jauh-jauh lagi untuk beribadah, namun karena keterbatasan ekonomi masyarakat disana menyebabkan kondisi masjid lama terbengkalai tidak terurus. 


Di Indonesia sendiri masjid sangatlah banyak dan tersebar di hampir berbagai wilayah. Termasuk pula di daerah pelosok sekalipun. Hal ini menandakan bahwa kesadaran membangun rumah Allah bagi masyarakat muslim di tanah air menjadi hal yang penting. selain sebagai sarana untuk beribadah, masjid juga dapat digunakan sebagai institusi sosial dalam mengatasi masalah yang ada di masyarakat.


Misal saja untuk mengurangi angka kemiskinan melalui program-program bantuan dari para donatur dan jamaah. Selain itu, membangun masjid dari segi islam sendiri akan mendapatkan keutamaan yang melimpah dalam kehidupan. Ini disebutkan dalam QS At-Taubah:18.


“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain Allah, maka merekalah yang termasuk golongan orang-orang yang selalu mendapat petunjuk (dari Allah Ta’ala)”.


Mengingat membangun masjid dan memakmurkannya memiliki keutamaan, namun dalam kenyataannya masih banyak masjid yang tidak layak. Khususnya di daerah-daerah pelosok yang memang memerlukan bantuan. Beberapa hal yang menjadi faktor mengapa masjid tidak layak di antaranya adalah keterbatasan dana dalam renovasi dan membangun masjid tersebut.



Melihat kenyataan yang ada, Baitul Maal Hidayatullah berkomitmen untuk terus membantu dalam mewujudkan masjid yang layak bersama masyarakat luas. Terlebih lagi untuk wilayah-wilayah yang ada di pulau jawa. Sebagai contoh misalnya masjid-masjid yang ada di Halmahera, Maroro papua barat, Kab Sarmi Kamp Tetom Jayapura, Dompu NTB, . Tim dari Baitul Maal Hidayatullah pun telah masuk ke wilayah tersebut untuk mengetahui apa saja yang harus direnovasi dan diperlukan.


Begitu pula dengan di daerah lain seperti di jawa barat, tepatnya di daerah, Depok, Sukabumi dan Muara Gembong Bekasi. Daerah ini mayoritas penduduknya kurang mampu, dengan demikian diperlukan uluran tangan dari masyarakat.


Diharapkan dengan adanya program yang dicanangkan oleh Baitul Maal Hidayatullah ini dapat menjembatani antara donatur dengan pihak manajemen masjid yang membutuhkan bantuan. Hal tersebut dilakukan guna mewujudkan masjid yang layak bagi masyarakat sekitar pada khususnya dan masyarakat muslim pada umumnya.


***

Dukungan kalian dapat disalurkan melalui:


1. Klik tombol "DONASI SEKARANG"

2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan

3. Pilih metode pembayaran

4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran


Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu

Kabar terbaru

Kabar Terbaru

Belum ada kabar terbaru di program ini

Donatur

MA
maulady

7 bulan yang lalu

Rp100.000
HA
Hamba Allah

9 bulan yang lalu

Rp50.000
HA
Hamba Allah

10 bulan yang lalu

Rp400.000

Fundraiser

Donatur

Ayo ikutan berkontribusi pada program ini dengan menjadi fundraiser