Media Berbagi

Warga Dusun Ngepaksari Masuk Hutan Demi Punya Air

Rp 107.000

Donasi Terkumpul

86 hari

Sisa hari

Deskripsi

Air merupakan salah satu sumber kehidupan penting bagi manusia. Sumber daya alam tersebut seharusnya bisa didapatkan secara gratis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat, seperti mandi, berwudhu, memasak, mencuci dan lain sebagainya.

7050122b-09c4-4f9b-9352-d3cbffbd2533.jpg

Namun kenyataan berbeda. Banyak warga dusun pelosok yang terpaksa harus menempuh perjalanan jauh hingga 2 km untuk mendapatkan air bersih. Tidak sedikit juga yang harus membeli air dari tangki yang tentunya cukup memberatkan dari segi finansial.

bbfc8103-d81b-11ec-8cab-125851df9711_77D5980A6D7E40D2.jpg?auto=compress,format&cs=tinysrgb&fm=pjpg

Salah satu contoh desa yang mengalami kesulitan air bersih berada di Dusun Ngempaksari, Jawa Timur.

Dusun Ngempaksari ini berada di kawasaan pegunungan, tepatnya di pesisir selatan kota tulungagung, kawasan ini sulit mendapatkan air bersih dan masyakat mengadalkan air resapan dari gunung.

Dusun yang dihuni sekitar 38 KK ini, mengharuskan warganya mengambil air resapan di sendang yang berada di dalam hutan, yang jaraknya sekitar 2 km dari Dusun.

Secara urunan warga dusun membeli air tengki yang harganya cukup mahal dari kota Tulungagung, yang berjarak 34 km ke arah gunung batu.

Kondisi ekonomi warga dusun megandalkan dari bertani atau sebagian besar buruh tani (garap lahan milik perhutani) dan berternak.

8613a8a9-d81b-11ec-9f19-92781849c43a_E2A00B79A40841B1.jpg?auto=compress,format&cs=tinysrgb&fm=pjpg

“Warga di dusun ini membeli air tangki dari kota untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti minum dan masak dan sebagainya serta mengambil resapan air gunung di sendang untuk minum ternak dan mck karena kondisi air agak keruh banyak sampah daun dan ranting pohon-pohon di hutan. Kita harus mengendapkan seharian dulu baru bisa buat mck” ujar Bapak Sinar (68 tahun) salah satu warga di desa ini.

9fcf56e9-d81b-11ec-a817-da2e8c96cb40_8311EB51BEE6E635.jpg?auto=compress,format&cs=tinysrgb&fm=pjpg

Beliau juga harus mengambil air di sendang tersebut dengan menggunakan motor bututnya.

“Untuk menuju sendang tersebut jaraknya lumayan jauh Mas, lagi pula jalannya naik turun dan agak masuk kehutan” kata Bapak Sinar

Warga Dusun Ngempaksari, Jawa Timur sangat berharap bantuan dari para donatur agar mereka bisa mendapatkan air bersih sesegera mungkin. 

Sedekah air bersih bisa menjadi salah satu sumber ladang pahala bagi kita seperti dalam sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam berikut:

“Saad bin Ubadah ra. bertanya kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Beliau menjawab, “Memberi air (sedekah air)”. (Shahih Abu Daud).

Sahabat, yuk bantu kami dengan ikut sedekah air bersih. Sedikit bantuan dari kamu sangat berharga bagi mereka yang membutuhkan. Jangan lupa ajak keluarga, kerabat dan teman-teman untuk ikut berdonasi.

InsyaAllah, amalan sedekah air bersih ini bisa menjadi amalan jariyah yang terus mengalir hingga hari kiamat.

***

Dukungan kalian dapat disalurkan melalui:

1. Klik tombol "DONASI SEKARANG"

2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan

3. Pilih metode pembayaran

4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu

Kabar terbaru

Kabar Terbaru

Belum ada kabar terbaru di program ini

Donatur

HA
Hamba Allah

5 jam yang lalu

Rp57.000
HA
Hamba Allah

2 minggu yang lalu

"Ya Allah sehatkanlah badanku murahkanlah rejekiMu sampaikan pahalanya utk orgtuaku anak istriku Amin YRA 🙏"

Rp50.000

Fundraiser

Donatur

Ayo ikutan berkontribusi pada program ini dengan menjadi fundraiser