Media Berbagi

Sempurnakan Masjid Tak Beratap di Pelosok Lumajang

Rp 5.000

Donasi Terkumpul

141 hari

Sisa hari

Deskripsi

Inilah bentuk masjid tak sempurna yang terletak di Dusun Krajankosong desa Sumberwuluh Lumajang

Lantunan adzan itu terdengar dari sebuah Masjid tanpa atap dan tanpa pengeras suara, Sebagian warga mulai mendatangi suara adzan untuk melaksanakan sholat berjamaah. Mereka sholat di masjid yang tak memiliki atap.

Awalnya bangunan Masjid Al-Mubarokah adalah satu-satunya Masjid yang selamat dari terjangan lahar dingin semeru, pada saat terjadi bencana ada akhir tahun 2021 kemarin, dan satu-satunya Masjid yang ada di desa Kajangkosong ini.

“Alhamdulillah Allah Ta'ala sudah memperlihatkan kuasanya kepada kita semua, dengan menyelamatkan dan melindungi masjid ini, padahal posisinya persis didekat aliran lahar dingin gunung semeru yang mengalir seperti tsunami, dengan membawa bebatuan gunung yang besar-besar, Masjid Al-Mubarokah hanya terjadi kerusakan kecil pada dinding dan atapnya saja” terang Bpk Herun ( takmir masjid )

Tapi karena bangunan Masjid Al-Mubarokah yang sudah berdiri tahun 1995 dan belum tersentuh renovasi sama sekali, maka kemarin awal bulan Juli 2022 atapnya ambruk. Alhamdulillah itu terjadi pada malam hari sehingga tidak ada korban jiwa, terang Bapak Herun lanjutnya kepada tim BMH yang datang melihat kondisi masjid disana.

Karena perekonomian warga desa disini yang tidak memungkinkan buat memperbaiki Masjid Al-Mubarokah, maka warga berinisiatif menggalang amal jariyah kepengendara yang lewat di jalur lumajang namun hasilnya masih belum bisa buat merenovasi Masjid. 

Meskipun Masjid ini tak memiliki atap tapi tiap kali waktu sholat datang Pak Herun selalu berangkat lebih awal untuk menyiapkan dan memasang karpet yang digunakan untuk sujud.

Kondisi masjid yang masih belum sempurna membuat miris siapapun yang melihatnya. Tak bisa dibayangkan jika saat sholat tiba-tiba turun hujan lebat? Pasti pakaian mereka basah kuyup.

 

Saat kondisi siang hari, terik matahari langsung mengenai kulit. Dinginnya angin malam juga menyelimuti tubuh mereka yang masuk melalui jendela dan atap yang masih bolong. 

Meskipun belum terbangun dengan sempurna, tapi antusiasme warga begitu luar biasa. Warga tetap menjalankan sholat secara berjamaah. 

Sahabat, mungkin diantara kita masih bisa memilih untuk sholat di masjid mana saja yang bagus dan nyaman. Namun, bagi mereka hanya masjid tak memiliki atap itulah yang menjadi tempat beribadah.

Inilah sebuah kesempatan emas untuk wujudkan impian besar mereka agar bisa melaksanakan ibadah dengan nyaman dan khusyu tanpa merasa takut jika kepanasan dan terjadi hujan deras. 

Maukah kamu jadi penggerak senyuman ketika masjid Al-Mabarokah desa Krajanngkosong Lumajang itu berdiri dengan sempurna?

Mari salurkan bantuan terbaikmu, dengan cara:

1. Klik tombol "DONASI SEKARANG"

2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan

3. Pilih metode pembayaran

4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu

Kabar terbaru

Kabar Terbaru

Belum ada kabar terbaru di program ini

Donatur

NE
Nelly

1 hari yang lalu

Rp5.000

Fundraiser

Donatur

Ayo ikutan berkontribusi pada program ini dengan menjadi fundraiser